Minggu, 15 Juni 2014

Struktur Kurikulum Diklat Kepemimpinan Tingkat III

Struktur kurikulum Diklat Kepemimpinan Tingkat III disusun menjadi lima tahap pembelajaran, yaitu :
  1. Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan Organisasi;
  2. Tahap Taking Ownership;
  3. Tahap Merancang Perubahan dan Membangun Tim;
  4. Tahap Laboratorium Kepemimpinan;
  5. Tahap Evaluasi

1. Tahap Diagnosa Kebutuhan Perubahan.

Tahap ini merupakan tahap penentuan area dari program organisasi yang akan mengalami perubahan. Pada tahap ini, peserta dibekali dengan kemampuan mendiagnosa organisasi sehingga mampu mengidentifikasi area dari kegiatan organisasi yang perlu direformasi.

2. Tahap Taking Ownership (Breakthrough I).

Tahap pembelajaran ini mengarahkan peserta untuk membangun organizational learning atau kesadaran dan pembelajaran bersama akan pentingnya mereformasi area dari program organisasi yang bermasalah. Peserta diarahkan untuk mengkomunikasikan permasalahan organisasi tersebut kepada stakeholder-nya dan mendapat persetujuan untuk mereformasinya, terutama dari atasan langsungnya. Pada tahap ini, peserta juga diminta mengumpulkan data selengkapnya mungkin untuk memasuki tahap pembelajaran selanjutnya.

3. Tahap Merancang Perubahan dan Membangun Tim.

Tahap pembelajaran ini membekali peserta dengan pengnetahuan membuat rancangan perubahan yang komprehensif menuju kondisi ideal dari program organisasi yang dicita--citakan. Di saming itu, peserta juga dibekali dengan kemampuan mengidentifikasikan stakeholder yang terkait dengan rancangan perubahannya, termasuk dibekali dengan berbagai teknik komunikasi strategis kepada stakeholder tersebut guna membangun tim yang efektif untuk mewujudkan perubahan tersebut. Tahap ini diakhiri dengan penyajian Proyek Perubahan masing-masing peserta untuk mengkomunikasikan proyeknya di hadapan stakeholder strategis untuk mendapatkan masukan dan dukungan terhadap implementasi proyek.

4. Tahap Laboratorium Kepemimpinan (Breakthrough II).

Tahap pembelajaran ini mengarahkan peserta untuk menerapkan dan menguji kapasitas kepemimpinannya. Dalam tahap ini, peserta kembali ke tempat kerjanya dan memimpin implementasi Proyekk Perubahan yang telah dibuatnya.

5. Tahap Evaluasi.

Tahap pembelajaran ini merupakan tahap berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam memimpin implementasi Proyek Perubahan. Kegiatan berbagi pengetahuan dilaksanakan dalam bentuk seminar implementasi Proyek. Hanya peserta yang berhasil mengimplementasikan Proyek Perubahan yang dinyatakan telah memiliki kompetensi kepemimpinan taktikal dan dinyatakan lulus Diklat Kepemimpinan Tingkat III. Sedangkan yang tidak berhasil, diberi sertifikat mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III.

0 komentar:

Posting Komentar